4 Cara Menjumlahkan Angka di Excel Secara Otomatis

Cara Menjumlahkan Angka – Microsoft Excel acap kali digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi. Namun bagi orang awam yang baru belajar Excel, semuanya mungkin terlihat sulit karena Excel memiliki banyak rumus layaknya matematika.

Jika Anda ingin belajar dan menguasai Excel, hal pertama yang wajib diketahui adalah cara menjumlah angka di Excel secara otomatis. Tujuannya agar pekerjaan jadi lebih mudah dan efisien.

Selain itu program yang ada pada Ms Excel seperti juga bisa dimanfaatkan untuk memudahkan perkalian, pengurangan, hingga pembagian dengan rumus-rumus yang telah terprogram. Berikut penjelasan cara menjumlahkan angka di Excel otomatis.

Cara Menjumlahkan Angka di Excel Secara Otomatis

1. Pertama buat dulu tabelnya, contoh dari A7 sampai F7, kemudian buat data tabelnya sesuai selera

2. Jika data sudah selesai dan siap dihitung, arahkan kursos mouse ke kolom total. Klik dan tulis rumus penjumlahan Excel =SUM(C2:E2) dan tekan Enter. Penjelasan dari rumus tersebut adalah penjumlahan dari kolom C2, D2, dan E2. Lebih jelasnya lihat di gambar.


3. Setelah itu kita akan menjumlahkan kolom total di bawahnya. Tapi Anda tak perlu menuliskan rumus seperti cara sebelumnya. Cukup dengan meletakkan kursor di kolom total F2, lalu tarik hingga ke bawah atau kolom F6.


4. Nah, yang terakhir jika Anda ingin menjumlahkan data keseluruhan dari tabel, silahkan tulis rumus =SUM(F2:F6) di kolom subtotal F7, jika sudah klik Enter. Dengan menuliskan rumus dengan benar, hasil penjumlahan tabel akan keluar secara otomatis.


Yang perlu Anda perhatikan, penulisan rumus harus disesuaikan dengan di kolom mana data yang ingin dijumlahkan itu berada. Ini merupakan rumus dasar yang mesti dipahami jika Anda ingin mahir menggunakan Microsoft Excel.

Akhir kata, itulah penjelasan tentang cara menjumlahkan angka di Excel secara otomatis yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Semoga apa yang Anda lihat bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan baru tentang Excel. Salam sukses!

Post a Comment

Previous Post Next Post